TRAVELLING IN PREGNANCY (Bepergian saat Hamil)


Perjalanan dalam keadaan hamil umum dilakukan terutama saat perjalanan internasional untuk belajar, bekerja dan bersantai. Beberapa wanita sepenuhnya menyadari potensi risiko bepergian saat hamil, terutama risiko melahirkan di luar negeri. Di sini, saya akan mengulas beberapa risiko medis dan banyak pertimbangan sosial, keuangan, dan logistik untuk bepergian selama kehamilan. Pertimbangan yang bersangkutan termasuk risiko komplikasi medis di Negara lain, pertimbangan imunisasi, akses ke perawatan obstetrik di negara berkembang, asuransi kesehatan, dan peraturan penerbangan (air travelling).

AIR TRAVELLING (PERJALANAN UDARA)
Risiko umumnya yang ada saat perjalanan udara selama kehamilan mencakup paparan radiasi, tromboemboli vena, dan kurangnya sumber daya medis untuk menangani keadaan darurat obstetrik di udara.
Tapi secara keseluruhan dari data yang saya peroleh, dan dari keseluruhan data yang dirangkum salah satu Article Review tidak ada satupun data yang mengkonfirmasi peningkatan resiko apapun bagi wanita sehat untuk melakukan perjalan dengan pesawat.
Data penelitian Lauria et al terhadap pramugari usia reproduksi yang sedang hamil mengkonfirmasi tidak mendeteksi tingkat keguguran yang lebih tinggi terkait dengan perjalanan udara. Namun penelitian ini juga menemukan tingkat yang lebih tinggi pada ketidakteraturan menstruasi antara pramugari saat ini dan infertilitas yang lebih tinggi dikarenakan over working dan sedikitnya kesempatan ketemu suami. Kondisi over working ini juga memperberat resiko aborsi spontan (keguguran) pada penelitian ini.
Freeman et al  pada penilitian retrospektif cohort terhadap wanita yang melahirkan janin tunggal tidak cacat mengatakan tidak ada hubungan antara kehamilan dengan berat badan lahir rendah, usia kehamilan yang lebih pendek (premature), resiko sesar, perdarahan vagina, persalinan prematur, preeklampsia, atau bayi baru lahir yang masuk NICU serta tidak didapatkan kejadian tromboemboli pada 118 traveller wanita yang melakukan perjalan dengan udara.
Namun, pada wanita dengan kondisi medis tertentu seperti penyakit pernafasan, jantung harus berkonsultasi dengan dokter terkait dengan kebutuhan tambahan oksigen saat di lingkungan cabin yang hipoksia karena hipoksia di kabin memungkinkan kekambuhan pada wanita hamil dengan angina tidak stabil (nyeri dada), gagal jantung kongestif, atau kondisi paru kronis.
Singkatnya, perjalanan udara bagi wisatawan hamil aman, dan ini diringkas dalam dua rekomendasi oleh the American College of Obstetrics and Gynaecology (ACOG) Committee on Obstetric Practice. Rekomendasi ACOG pertama menyatakan bahwa wanita hamil yang berisiko signifikan untuk persalinan prematur atau dengan kelainan plasenta harus menghindari travel via udara. Rekomendasi ACOG kedua menyatakan bahwa wanita hamil dengan aman bisa terbang sampai 36 minggu umur kehamilan. Kebanyakan penerbangan komersial memiliki pedoman yang mirip dengan rekomendasi ACOG, dengan beberapa mengizinkan perjalanan domestik sampai 36 minggu dan perjalanan internasional sampai 35 minggu kehamilan. Sebuah penelitian di Kanada yang meneliti tentang berapa usia kehamilan yang diijinkan maskapai penerbangan didapatkan rata-rata wanita boleh melakukan perjalanan udara pada usia kehamilan 0-36 minggu. Perlu diwaspadai jika sudah 32minggu ada baiknya konsultasi dengan dokter terkait dengan kompresi sabuk terhadap perut, dan sedangkan untuk usia di atas 36 minggu wanita hamil diwajibkan untuk mengantongi surat ijin dokter yang membolehkan dia melakukan penerbangan terkait dengan kondisi janin dan letak plasentanya. Lebih dari usia 39 minggu, wanita benar-benar tidak diperbolehkan melakukan perjalanan udara. Surat ijin dokter harus dilakukan maksimal 24 jam sebelum penerbangan.
Pada wanita kehamilan pertama sedikit banyak ada peningkatan resiko kehamilan preterm (34-37 minggu). Kalau sudah kehamilan kedua ketiga mah, aman-aman aja.

Pada kasus perjalanan udara lebih dari 4 jam
Faktor-faktor seperti hipoksia hypobaric, dehidrasi, alkohol yang berlebihan atau kopi, tekanan udara rendah dan kelembaban rendah dapat mempengaruhi sistem koagulasi. Hipoksia hipobarik (yang merupakan penurunan tekanan udara dan induksi relatif hipoksia) mengurangi aktivitas fibrinolitik dan menyebabkan pelepasan santai faktor dari dinding pembuluh darah yang dapat meningkatkan stasis vena. Statis vena ini nanti berujung pada penggunmpalan darah, darah yang menggumpal dapat mudah terlepas, kemudiaan lepasannya (embolinya) dapat menyebabkan penyumbatan pada organ penting seperti paru, otak atau bahkan pembuluh darah plasenta. Untuk meminimalkan risiko VTE berikut penerbangan long¬distance, mereka saran bahwa mengenakan stoking dukungan, bergerak kaki mereka secara berkala, menghindari pakaian ketat, keluar dari kursi mereka dan berjalan selama beberapa menit dan tetap terhidrasi harus dilakukan.


Jika diperlukan biasanya dokter obsgyn memberikan tambahan obat pengurang penggumpalan darah seperti aspirin, warfarin atau yang lainnya.

PENYAKIT INFEKSI SAAT TRAVELLING PADA KEHAMILAN
Perjalanan ke tujuan tropis menimbulkan risiko untuk akuisisi penyakit menular, travellers ' diare, dehidrasi, trauma, gigitan hewan dan serangga. Ketika wanita hamil sedang bersiap-siap untuk perjalanan ke negara-negara tropis atau berkembang, imunisasi harus dipertimbangkan berdasarkan penyakit endemik ke tujuan tertentu, durasi perjalanan, potensi dampak penyakit pada kehamilan, dan potensi risiko dari vaksin pada wanita hamil. Biasanya nanti untuk dokter kami memakai pedoman dari The Society of Obstetricians dan Gynaecologists tentang "Imunisasi pada Kehamilan"
WHO merekomendasikan wanita hamil untuk menghindari perjalanan ke daerah endemis malaria atau infeksi hepatitis E. Kalau di Indonesia sendiri untuk kasus endemis malaria sejauh ini tempat2 di luar Pulau Jawa dan Sumatra walau tidak menutup kemungkinan di daerah Jawa Sumatra juga ada insidennya.
Malaria berhubungan dengan peningkatan risiko kematian ibu dan bayi, keguguran, dan bayi lahir mati. Jika perjalanan ke daerah endemik malaria tidak bisa dihindari, maka wanita hamil harus melindungi diri dari gigitan nyamuk dengan menutupi dengan pakaian yang sesuai, tidur dengan penyaring atau kelambu, mengkonsumsi kemoprofilaksis malaria (yang ini wajib yaaa, nanti apa yang diminum konsultasi dokter.

KEGIATAN REKREASI YANG HARUS DIHINDARI SAAT HAMIL
Salah satu yang merupakan kontraindikasi pada kehamilan adalah Scuba diving karena adanya risiko sindrom dekompresi di fetus.
WHO menyarankan ibu hamil untuk tidak melakukan perjalanan ke ketinggian lebih dari 3000 m karena risiko hipoksia hypobaric, tapi perjalanan ke daerah-daerah dengan ketinggian hingga 2500 m dianggap aman. Dampak buruk dari ketinggian yang tinggi pada perfusi uteroplasenta dapat. Oleh karena itu, latihan di ketinggian tinggi seperti hiking, mountainering harus dibatasi, dan wanita hamil harus diskrining untuk jantung atau penyakit paru-paru, anemia, hipertensi, dan preeklamsia. Meskipun wanita hamil tidak diyakini pada peningkatan risiko untuk penyakit ketinggian, semua wisatawan harus menyesuaikan diri ketika tiba di dataran tinggi untuk menghindari penyakit ketinggian, yang dapat mengancam jiwa baik bagi ibu dan janin. Secara umum, wanita juga harus disarankan untuk tetap terhidrasi dengan baik dan berhati-hati di medan genting untuk mencegah jatuh saat hiking.
Cruising / berlayar adalah tidak menjadi pilihan yang layak bagi ibu hamil karena kurangnya sumber daya untuk mengelola keadaan darurat obstetrik di papan; sebagai hasilnya, banyak jalur pelayaran memiliki pembatasan wisatawan hamil. Banyak jalur pelayaran memungkinkan wanita hamil untuk naik kapal hanya jika mereka berada di usia kehamilan kurang dari 24 minggu pada hari debarkasi, dan semua wanita hamil membutuhkan surat dokter yang menyatakan kesehatan yang baik dan kehamilan berisiko rendah. Wanita hamil harus disarankan untuk meninjau kebijakan jalur pelayaran tertentu sebelum pemesanan perjalanan

Kualitas perawatan medis luar negeri dan hal yang harus diperhatikan jika keluar negeri
Wisatawan hamil harus menanyakan tentang jenis perawatan medis dan kebidanan yang tersedia di tempat tujuan. rasio kematian ibu di negara-negara berkembang secara signifikan lebih buruk daripada di negara-negara maju (240 per 100 000 vs 16 per 100 000 kelahiran). Hal ini terutama berlaku untuk daerah dengan jumlah yang rendah dari tenaga kesehatan terampil, seperti sub-Sahara Afrika dan Asia Selatan. Pertimbangan lain adalah jarak tempuh ke pusat perawatan bersalin. Sebuah studi di Belanda menunjukkan peningkatan risiko kematian neonatal dan hasil kehamilan yang merugikan bagi perempuan dengan waktu tempuh 20 menit atau lebih dibandingkan dengan mereka yang hidup dalam waktu 20 menit dari unit bersalin. Untuk wanita hamil merencanakan perjalanan ke negara berkembang di mana jalan yang buruk dipertahankan dan akses ke layanan darurat langka, jarak ke pusat bersalin sangat penting.
Salah satu pertimbangan yang paling signifikan dari bepergian selama kehamilan adalah risiko melahirkan prematur. Tingkat kelahiran prematur tidak dapat diprediksi. Orangtua mungkin perlu untuk tetap di negara tujuan wisata, terpisah dari keluarga dan teman-teman, untuk periode waktu yang sama, dan hal ini menyebabkan stres emosional ataupun permasalahan biaya. Jika wanita hamil pada umumnya harus melakukan perjalanan ke daerah pedalaman dan melahirkan disana, maka beberapa resiko negatif yang telah tercatat termasuk kesepian, kebosanan, stress finansial, dan gangguan sosial dan emosional.
Pertimbangan lain adalah status kewarganegaraan. Untuk masalah ini saya tidak dapat banyak berkomentar.
Secara keseluruhan, risiko kelahiran prematur saat bepergian rendah, tetapi jika seorang wanita sudah memiliki risiko yang signifikan dari kelahiran prematur, bepergian ke luar negeri selama kehamilan harus mungkin berkecil hati.

WAKTU TERBAIK UNTUK PERJALANAN PADA KEHAMILAN
Perjalanan pada trimester pertama dianggap aman tetapi dapat menjadi tidak nyaman bagi beberapa wanita karena kelelahan dan mual-mual (hyperemesis gravidarum). Pada trimester pertama, ada risiko potensial perdarahan akibat keguguran atau pecahnya kehamilan ektopik (kehamilan di luar Rahim), yang dapat mengancam jiwa. Perempuan hamil disarankan untuk USG untuk mengkonfirmasikan kehamilan nya sebelum bepergian. Umumnya, trimester kedua dianggap sebagai waktu terbaik untuk melakukan perjalanan di kehamilan, karena risiko rendah, dan wanita umumnya merasa baik tidak ada mual mual. Pada trimester ketiga, banyak wanita yang tidak nyaman duduk atau berdiri untuk waktu yang lama, dan berada pada peningkatan risiko kelahiran yang tidak direncanakan. WHO menyatakan bahwa perjalanan selama trimester kedua adalah yang paling aman.

SARAN
Saya bagi menjadi 3 persiapan:
Sebelum pergi
Melakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kehamilan nya benar2 berada dalam kandungan dan layak pergi (pada trimester pertama)
Memiliki vaksinasi yang diperlukan dan mendapatkan obat profilaksis (anti-malaria) jika ke daerah tertentu
Mengetahui tipe golongan darah Anda pribadi
Menentukan apakah darah diskrining untuk HIV dan hepatitis di tempat tujuan (terkait jika terjadi kebutuhan kantong darah)
Menentukan layanan asuransi tempat tujuan (epertinya saya ada data asuransi di Amerika berdasarkan jurnal yang say abaca)
Menentukan tingkat perawatan medis yang tersedia di tempat tujuan Anda serta akses tercepatnya
Dokumentasi dan obat-obatan yang diperlukan
Salinan catatan medis Anda
Catatan medis dokter tentang hari perkiraan lahir (jika bepergian pada saat travelling)
Salinan polis asuransi
Obat yang cukup, suplemen multivitamin prenatal, acetaminophen (sesuai resep dokter), dan anti-muntah
Langkah-langkah pencegahan kejadian tak terduga pada saat liburan
Tetap terhidrasi dengan baik dan membawa makanan ringan tambahan
Hati hati terhadap makanan dan air yang ada selama di tempat tujuan
Menghindari gigitan serangga
Jauhkan ponsel dan memakai stoking kompresi nanti saya share gambarnya
Tahu di mana pusat perawatan bersalin di tempat tersebut dan bagaimana akses menuju ke sana

RINGKASAN
Perjalanan saat hamil untuk wanita dengan kehamilan berisiko rendah sangat lah aman. Tetapi wanita yang berisiko rendahpun dapat memiliki komplikasi medis yang tak terduga selama perjalanan, disamping akses ke tempat rawat yang terbatas jika di negeri orang atau di tanah orang. Ketika memutuskan akan melakukan perjalanan ke luar negeri, wanita hamil harus mempertimbangkan potensi risiko komplikasi kehamilan dan persalinannya, dan bagaimana ini akan mempengaruhi kehidupan mereka secara finansial, emosional, dan sosial. Selain itu, saya menyarankan sangatlah perlu untuk mengeksplorasi rincian peraturan asuransi kesehatan perjalanan dan peraturan maskapai sebelum keberangkatan. Yang jelas jika akan melakukan perjalanan sekali lagi konsultasi dengan dokter obsgyn sebelum berangkat untuk memastikan bahwa janin yang ada di dalam Rahim benar2 sehat dan siap berangkat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Kontrasepsi

Muhasabah.....part 3

Reminder