Refleksi Setahun di Kedokteran

"Udah nggak usah mikir macem-macem, emang ini belum saat nya kamu bales semua kebaikan orang tua kamu." kata -kata yang cukup menentramkan jiwa saat aku gundah mikirin kehidupanku yang selama ini just fun and nggak mikirin gimana perasaan ortu. Hafftt, iin harus berusaha, inget ien kesuksesan itu nggak serta merta dateng dari langit. Kalopun ien pengen jadi dokter yang bener2 sukses, mulai sekarang harus mau berkorban. entah berkorban uang, pikiran, tenaga atopun waktu. Harus udah mulai mikirin kuliah n slide2 dosen yang selalu sabar tersenyum menanti uluran tangan ien dan mata ien untuk ien baca. Udahlah, kalopun temen2 sepantaran yang lain lagi seneng maen, hedon, shopping, nongkrong, maupun tetek bengek lainnya ien tetep kudu inget kalo ketekunan nya ien tu masih di bawaaaaaaaaaaaaaaaaaah banget rata-rata sebagai seorang mahasiswa kedokteran yang baik.

Jadi inget nasehat seorang bidan desa kemaren waktu field lab demam berdarah di daerah sragen (24 Mei 2011) : "jadi dokter itu nggak harus pinter, yang penting tekun". Hiks, sayangnya ketekunan itu yang menurut ien masih kuraaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget ngalir dalam darah ien. Gila ajja, hampir setahun kuliah di kedokteran, sukses nya saya menjadi juragan inhal. walopun refrat alhamdulillah udah berkurang, tapi tetep ajja inhal jarang lolos. mpe bener2 berteman baik rasanya antara ien dan "ien-halL". wkwkkwkwk. Padahal ien pengen banget jadi asisten Mikrobiologi, Biomed, n Histologi. Aku mudeng banget semua praktikum yang aku praktikum in. tapi inhall tetep ajja inhal. nilai pretes nggak pernah bagus. nguprek2 preparat, ngotak-atik mikroskop, nemuin lapang pandang, nyuntik, pungsi, mipet pake mikropipet, kagak ada aku yang tremor ato apa lah. Mantebb oeeyyy... Pengen banget jadi asisten. Sayangnya IP semester satuku aja jelek banget. Hiks. Gara-gara blok tiga aku nggak lulus. padahal kesempatan ngulang blok tiga bisa aku perbaiki setelah blok 27. Belum ntar kalo ada yang nggak lulus - lulus lagi. Arrrrrrgggggggggghhhh jangan donk. cukup sekali aku gag lulus blok. ien, semangat. u know u can but pie jal?? bahkan ketika besok (26 Mei 2011) aku ada responsi Mikrobiologi, sempet-sempet e aku curhat nggak jelas di blok ku ini. Udah ahh nggak ada gunanya saya bercerita, toh cerita ini hanya akan jadi sampah masa lalu yang terus membayangi hidupku. tapi kalo aku bisa njadiin tulisan ini titik tolak dimana aku harus melangkah, siapa tahu sih yang bisa terjadi. Boleh jadi keajaiban bahwa saya menjadi anak yang rajin belajar menjadi terbuka lebar. hehehehe.

ien, jangan lihat yang keset n males donk kalo masalah kuliah.... liat ajja tu sii Iqbal Imanuddien, Eka Satrio Putra, Nurul Dwi, Bani Zakiyyah, erma Melinda, Avamira Rosita, Zenia Purnama Murti ato malah Haris hermawan. Ketekunan mereka harusnya bisa jadi semangat ien buat ngehindar dari yang namanya ienhall n remed blok. Bismillah yak ien, insyaAllah jika kamu udah bertekat bulat n berusaha serta tak lupa berdoa, Allah nggak akan pernah membiarkan mu sendiri.

Rabbana dzolamna anfusana, fainlam taghfirlana watarhamna lanakuunanna minal khoosirin, Robbi zidni 'ilma warzuqnii fahma. Amiennn....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Kontrasepsi

Muhasabah.....part 3

Reminder