EXPO FK UNS 18-19 September 2010

2 hari Expo?? hari pertama display UKM dan Himpunan Mahasiswa, sedangkan hari kedua seminar entrepreneur ship. sebenarnya dua hari merupakan waktu yang cukup lebaii untuk mengadakan suatu acara bertajuk EXpo pada tataran fakultas... Huh,, akhirnya hari pertama selesainya cukup bentar juga..hehehe. setengah 2 kita-kita uda bisa keluar. Namun sorry teman2 karena di catatan saya ini saya tidak bisa menceritakan Expo hari kedua karena saya harus berada di suatu tempat yang sangat mengasyikkan buat saya. hehehehe.

Beberapa bulan yang lalu sempat diriku bertemu dengan seorang mahasiswa dari fakultas sebelah yang mengatakan :" In, kogg bisa yah nak FK tu eksklusif gitu.. dah gag pernah muncul atawa ngetok nek pas ada kegiatan di tataran univ, dah gitu mereka jarang aktif pula kalo dah di sebuah kepengurusan". Waktu itu aku gag tahu musti menjawab gimana, wong aku juga gag tau kenapa. Pertanyaan yang cukup membekas dalam diriku. Hingga akhirnya..........

"Bagaimana nak FK bisa aktif di organisasi eksternal fakultas kalu organisasi internal fakultasnya ajja sekeren ini..?? " Kalimat yang bener2 ngusik keasikanku menikmati ekspo fakultas Sabtu(180910) kemaren.. Gag heran kalau kemudian di organisasi-organisasi universitas, anak FK cenderung terkesan tidak aktif atau jarang kelihatan track recordnya...kalaupun ada paling hanya segelintir orang ajja yang "kethok" alias ngeksis di organisasi eksternal fakultas.

Sekarang gimana gag keren...mulai dari BEM, Kastrat (ukm berbasis penelitian), cadavers n MFC (di bidang olahraga), Vagus (Persatuan Mahasiswa Pecinta Alam), UKM2 Korohanian (seperti SKI, KMK, PMK), de only one Legislatif : DEMA, bahkan sampai UKM terkeren n terheboh di bidang seni Scarta, semuanya mempunyai corak yang cukup kuat dalam mengisi warna di fakultas ter"etan" universitas Sebelas MAret. dalam segi pembuatan suatu acarapun mereka gag tanggung2 dalam mempersiapkan segalanya mulai dari persiapan fisik, materi, or yg non materi. "Totalitas dalam berkarya" kalo menurutku sih gitu. Gag heran juga lalu kenapa IOM FK tahun ini (2010-red) bisa mencapai 9juta per anak... hihihi. Suatu hal yang menurutku agak eksklusif.

Namun sodara-sodara...sebenarnya ada satu hal yang melatarbelakangi keeksklusifan ini dan ini menurutku cukup logis. Anak FK tu kerjaannya setumpuk. entah itu laporan, bahan diskusi tutorial, buku-buku diktat yang tebal-tebal yang menunggu untuk dibaca apalagi sekarang ini FK memakai sistem KBK BLOK yang menekankan aspek Problem-Based Learning (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) so nak FK harus kerja lebih keras n terstruktur biar bisa ngimbangin pembelajaran yang diterapkan. Apalagi dengan targetan 3,5 tahun lulus tentu bukanlah hal yang mudah buat nak FK nyelesein studynya tepat waktu jika dibarengi dengan organisasi2 eksternal yang juga dalam teknisnya butuh kesiapan yang memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan organisasi internal. Selain itu jadwal kuliah yang pwadat bener2 tidak memungkinkan sinkronisasi waktu yang cukup baik dengan nak fakultas lain.

pun ketika ditanya kenapa nak FK jarang aktif di organisasi internal pun juga mungkin dikarenakan FK punya UKM yang lengkap mulai dari olahraga, pecinta alam hingga organisasi yg bergerak di bidang penelitian. kesemuanya ini "mungkin" merupakan imbas dari seperti yang saya sebutkan tadi "kesulitan dalam sinkronisasi waktu" dengan anak fakultas lain. walau sebenarnya ada beberapa gelintir org yng bener2 hebat yang mampu menembus itu semua. So guys, dimanapun kamu berada, sesibuk apapun kamu dengan segala urusan dan akademikmu tetaplah berorganisasi. nak FK ajja bisa mewujudkan suasana organisasi yang kental di internal fakultas, kenap yang lain enggak?? tentunya fakultas lain pun bisa lebih mampu mengapresiasikan jiwa aktifisnya.

ditujukan kepada semua aktivis di UNS tercinta. hehehehe

Lebaii ahh gw...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Muhasabah.....part 3

Macam-macam Kontrasepsi

motivasi di buku Fisika ku....